Sehari bersama anak Waras Hati : Berbagi tawa dan Bahagia











Artikel : Wiwit Asri Wulandari

Foto : Arum Apriliyana


Bulan ramadhan adalah bulan penuh kasih, oleh karena itu banyak masyarakat yang mengadakan kegiatan bersama di bulan ramadhan. Kami dari Gempita, seperti tahun tahun sebelumnya juga ingin membagi kasih dengan anak anak yang kurang beruntung. Kami ingin mereka sedikit bersenang senang dengan mengajak mereka jalan dan nonton, sesuatu yang mungkin sederhana bagi kita tapi mungkin merupakan hal yang jarang atau mungkin tidak pernah mereka alami.

Waktu menunjukan pukul 2 siang, kami pun bersiap menjemput anak anak yayasan Waras hati yang berada di Jl M Saidi, petukangan selatan. Sesampainya kami disana, mereka terlihat begitu antusias untuk segera naik ke mobil, dan tanpa menunggu banyak waktu, rombongan kamipun segera menuju Gandaria city, untung jalanan tidak begitu ramai sore itu, sehingga kami bisa tiba dengan cepat.

Gelak tawa anak anak membahana di studio XXI gandaria city ketika mereka melihat aksi Po dalam film Kungfu Panda 2. Kami, Gempita memang sengaja mengajak anak anak kurang beruntung dari Yayasan Waras hati untuk menonton film kartun kungfu Panda 2, tepatnya hari minggu tgl 21 Agutus 2011 lalu. Kami berharap anak anak bisa mendapatkan hiburan di saat liburan sekolah dan bisa merangsang kreatifitas mereka.

Setelah lelah tertawa, kami pun menuju Dante Cafe untuk buka puasa bersama. lumayan lama kami menunggu waktu berbuka puasa, beberapa anak terlihat tidak sabar untuk menyantap kolak yang tersedia, beberapa dari mereka bertanya kapan mereka bisa makan. Akhirnya waktu berbuka pun tiba, kami pun langsung menyantap hidangan yang sudah tersedia.

Perut yang kenyang membuat kami semua malas beranjak dari kursi, tapi setelah kami beritahukan bahwa akan mengajak mereka berbelanja, merekapun bangkit dengan antusias. Kami mengajak anak anak untuk belanja keperluan mereka atau membeli buku bacaan yang mereka sukai. Anak anak terlihat sangat senang sekaligus bingung ketika mereka harus memilih barang apa yang ingin mereka beli. Denagn didampingi kami, kakak dari gempita, kami mencoba mengarahkan untuk membeli sesuatu yang berguna bagi mereka.

Tak terasa waktu telah menunjukan pukul 20.30/8malam,meski begitu tidak terlihat wajah lelah dari raut muka anak anak. Sebelum pulang, kamipun mengabadikan moment kebersamaan ini dengan berfoto bersama.Semoga hal kecil yang kami buat ini bisa mejadi sesuatu yang berharga untuk anak anak dan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka dan bagi kami juga tentunya.


Bazaar di Suatu Sore






Foto dan Artikel oleh GEMPITA.org

Sore itu hari begitu cerah, kamipun bersiap untuk berangkat menuju stasiun senen. Seperti tahun tahun sebelumnya, Gempita (generasi muda pecinta indonesia), bekerjasama dengan KOPS dan dibantu  Vespa Antique Club ( VAC Jakarta) melaksanakan kegiatan pasar sandang murah untuk warga miskin dan kurang mampu di kawasan senen yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2011.

Bazaar baru bisa kami mulai pukul 5 sore, karena memang kebetulan baju sumbangan dari teman dan donatur yang cukup banyak, membuat kami harus kembali memilah dan mengkategorikan baju tersebut . Hal itu kami lakukan untuk memudahkan warga yang akan membeli. 

Kami juga sempat bingung untuk menentukan lokasi berjualan karena kurangnya sarana yang kami butuhkan, tapi syukurlah semua itu bisa di atasi, dan lokasipun kami pilih di pelataran GOR Remaja Senen, dekat dengan basecamp KOPS.

Antusiasme warga lumayan tinggi untuk membeli pakaian untuk mereka maupun keluarga mereka. Sebelumnya kami bekerja sama dengan KOPS telah membagikan kupon supaya bisa betul betul menyasar warga kurang mampu di sekitar kawasan senen, dan dengan kupon tersebut warga bisa membeli pakaian layak pakai hanya dengan Rp.2000 perpotong.

Bazaar kami tutup jam 7 malam, lumayan banyak uang yang kami dapat, dan semua uang hasil bazaar tersebut kami serahkan untuk KOPS, untuk membantu kegiatan mereka bersama anak anak jalanan.

Beberapa pakaian yang tersisa kami bagikan pada tunawisma serta pedagang asongan di stasiun senen. Untuk selanjutnya kami semua menikmati pentas yang diselenggarakan oleh teman2 dari KOPS

Semoga Gempita bisa selalu melaksanakan kegiatan yang bermafaat untuk sesama, meski kecil tapi kami berharap itu bisa berarti, baik bagi peningkatan kepedulian kami maupun orang lain.


MARI PEDULI, MARI BERBAGI :)